Terima Kasih Atas Kunjungannya ke Blog Ini. -->


Pesawat Riau Airlines tergelincir di ujung landasan pacu bandara milik perusahaan Conoco Philips, di Matak, ibukota Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau (Kepri). Pesawat tergelincir 0,5 meter dari ujung landas pacu.

Dalam insiden ini, tidak ada korban. Demikian penjelasan Riau Airlines, suatu perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov Riau.

Saat dihubungi detikcom Sabtu (7/3/2009), Dirut Riau Airlines menjelaskan bahwa pesawat jenis Fokker 50 ini, terbang dari Bandara Tanjungpinang menuju Matak dengan membawa 50 orang penumpang.

Saat mendarat pada pukul 14.00 WIB, hujan deras sedang terjadi di bandara itu. Sehingga ketika mendarat di landasan pacu yang panjangnya hanya 1.140 meter itu, pesawat kebablasan.

"Mungkin ini disebabkan landasan pacu yang licin karena hujan, dan keluarnya dari landasan hanya sekitar 0,5 meter saja kok," kata Samudera.

Setelah itu langsung penumpang dievakuasi. Namun hinga pukul 16.35 WIB, pesawat Riau Airlines masih berada di ujung landas pacu. Hal itu dimungkinkan karena akan dilakukan investigasi oleh pihak maskapai dan bandara, guna mengetahui kepastian penyebab insiden tersebut.

"Regulasinya sih seperti itu. Tiap ada insiden kecil, pesawat tidak langsung bisa dievakuasi, karena akan dilakukan penyelidikan dulu. Pesawatnya bisa saja kembali ke parkiran karena tidak ada kerusakan apapun, tapi karena ini kepentingan investigasi," pungkas dia. (nwk/aan)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

0 komentar: